Cara Menjinakkan Burung Kacer

Cara Menjinakkan Burung Kacer

Cara Menjinakkan Burung Kacer

Trik Pertama : Mengenalkan Lingkungan Baru

Pada tahap mengenalkan lingkunagn baru ini burung kacar bakalan atau bahan dimasukan kandang yang diberi kerodong kemudian gantung di tempat yang sepi dan tenang selama satu hari agar burung kacer bakalan tidak stress dan tenang terlebih dahulu.

Setelah itu, hari berikutnya anda bisa membuka kerodong dengan tenang dan perlahan agar burung kacer tidak takut dan kaget. Lalu letakkan burung kacer di tempat yang sering dilalui orang agar burung kacer terbiasa dengan keberadaan orang disekitarnya dan terbiasa dengan lingkungan barunya.

Trik kedua : Memandikan burung Kacer

Sembari  proses mengenalkan lingkungan baru terus dilakuakan, tahap selanjutnya adalah proses memandikan burung kacer dengan cara disemprot dengan air menggunakan sprai ke bulu-bulu sampai basah kuyup. Selanjutnya burung di angin-anginkan supaya bulu burung kacer tadi kering dan sangkar diletakkan dibawah dengan jangan kasih makan minum terlebih dahulu.

Tujuan memandikan burung kacer ini supaya burung kacer yang basah kuyup tidak mampu terbang dan gelabakan saat ada orang di sekitarnya.

Trik Ketiga : Pemberian Air Liur

Mungkin ini salah satu cara yang agak aneh menurut anda, tetapi coba anda lakuakn saja pemberian air liur ini pada burung kacer agar burung menjadi jinak. Silahkan ikuti caranya seperti berikut ini :

  • Anda cukup lolohkan air liur manusia pada burung kacer secara langsung
  •  Anda pastikan air liur yang anda berikan pada burung kacer tidak mengandung alkohol atau air liur orang yang sedang sakit
  • Air liur yang paling baik adalah air liur pada saat bangun tidur pagi
  • Lakukan pemberian air liur ini secara rutin minimal 1 kali setiap hari

Trik Keempat : Pemberian jangkrik menggunakan tangan

Pemberian makanan jangkrik menggunakan tangan ini tujuanya agar burung kacer terbiasa dengan manusia. Biasanya untuk pertama kali burung kacer tidak akan mau mendekat dan memakan jangkrik yang ada ditangan kita. Tetapi kita bisa mengakali dengan cara menggunakan lidi untuk menusuk jangkik dan kemudian kita berikan ke burung secara berlahan. Lama ke lamaan burung kacar akan terbiasa dan mau memakan jangkik yang kita berikan menggunakan tangan.


Sumber:

https://rumahbudidaya.co.id/