Inovasi Angkutan Desa Gerakan Literasi

Inovasi Angkutan Desa Gerakan Literasi

Peresmian Inovasi Gerakan Literasi di Kabupaten Bandung kembali

di luncurkan melalui gerakan literasi Angkutan Desa (Angdes) Rute Banjaran-Gamlok sebanyak 24 unit dengan Ciri Khas Angdes berwarna biru dengan tempelan Stiker Angkot SAE (Sabilulungan Aman Enjoy).

Ketua Koperasi Jasa Angkutan Umum Pengusaha dan Pengemudi Angkutan Banjaran Gamlok (PPABG) Wawan Hermawan menuturkan, Angdes ini sebagai upaya meningkatkan minat baca masyarakat khususnya di Kabupaten Bandung. selain itu, Inovasi Angdes ini juga untuk mendobrak daya tarik pengguna jasa ke angkutan desa.

”Ini juga untuk menjadi ciri khas tersendiri agar berbeda dengan

yang lain juga memfasilitasi masyarakat dalam budaya literasi dalam perjalanan sehingga menggairahkan minat baca masyarakat” tutur Hermawan saat ditemui Jabar Ekspres di Jalan Gunung Puntang KM 26 RT 001 RW 006 Ds. Pasir Mulya Kec. Banjaran baru-baru ini.

Wawan menambahkan, jalur Banjaran gamlok memiliki radius sampai 17 km diharapkan memberikan dampak positif dengan adanya buku-buku yang disediakan. Terdapat 24 angdes dari total 58 angkutan gamlok.

”Kedepannya akan dilakukan penggantian unit untuk sisanya,

agar bisa sepenuhnya menjadi Angdes pustaka ini,” tuturnya.

Donasi buku telah diterima dari Dinas Perhubungan Kabupaten Bandung dan Dinas Perpustakaan Kabupaten Bandung sebanyak 200 buku, juga donasi dari Taman Baca Sehati sebanyak 270 buku.

”Melalui ini kami berupaya menumbuhkan kesadaran agar buku menjadi kebiasaan dan konsumsi sehari-hari bagi masyarakat. Setiap angkutan desa disama ratakan terkait penyediaan buku, kedepannya akan ada inovasi setiap angkutan akan ada ciri khasnya, angkutan nomor sekian di bidang kesehatan, pendidikan, kedokteran, keagamaan, fiksi dan klasifikasi lainnya,” terangnya.

 

Sumber :

https://ojs.hh.se/index.php/JISIB/comment/view/401/0/83426