Table of Contents

Layanan Telematika

Layanan Telematika

    Definisi Telematika

Telematika merupakan istilah dari kata “Telekomunikasi” dan “Informatika”. Telekomunikasi adalah teknik pengiriman atau penyampaian informasi, dari suatu tempat ke tempat lain. Sedangkan informatika merupakan disiplin ilmu yang mempelajari struktur, sifat dan interaksi dari beberapa sistem yang dipakai untuk mengumpulkan data, memproses dan menyimpan hasil pemrosesan data, serta menampilkannya dalam bentuk informasi. Dan, kata telekomunikasi dan informatika dapat didefinisikan sebagai telekomunikasi melalui media informatika.

  •         Jenis – jenis Layanan Telematika

Berdasarkan layanannya, telematika dibagi menjadi :

  1. Telematika di Bidang Komunikasi

Salah satu contoh layanan telematika di bidang komunikasi adalah layanan dial up ke Internet maupun semua jenis jaringan yang didasarkan pada sistem telekomunikasi untuk mengirimkan data. Internet sendiri merupakan salah satu contoh telematika.

Contoh lainnya, sekarang semua orang sudah mempunyai handphone, dan semakin hari semakin pesat perkembangan teknologinya, dan semakin memudahkan para penggunanya untuk mendapatkan informasi secara langsung baik itu dari sms maupun push email atau sekedar browsing dengan menggunakan wifi ataupun WAP.

Selain itu, layanan video conference merupakan layanan komunikasi yang melibatkan video dan audio secara real time. Teknologi yang digunakan untuk layanan video conference komersial, pada awalnya dikembangkan di atas platform ISDN (Integrated Switch Digital Network) dengan standar H.320.

Secara fungsional, elemen pendukung layanan video conference terdiri dari:

  • Terminal Video Conference atau Endpoint Video Conference

adalah perangkat yang berada di sisi pengguna video conference.

  • MCU (Multipoint Conference Unit)

adalah semacam server yang berfungsi sebagai pengendali konferensi yang melibatkan banyak pengguna dan banyak sesi konferensi.

  • Gateway dan Gatekeeper

adalah media yang melakukan proses adaptasi atau penyesuaian komunikasi video conference yang berbasis ISDN ke IP dan sebaliknya.

Jenis Video Conference berdasarkan hubungan diantara pemakainya dapat dibagi menjadi tiga bagian, yaitu :

  1. Real Time Colaboration Multiparty Conferencing

merupakan sarana hubungan konferensi yang seketika dengan resolusi yang baik dan interaktif.

  1. Active Participation Users

hubungan yang terjadi diantara pemakai dengan jaringan komputer atau basis data, merupakan konferensi yang seketika dengan resolusi yang baik dan interaktif.

  1. Passive Participation Users

keikutsertaan pemakai bersifat pasif dan memerlukan hubungan yang seketika dan interaktif.

Baca Juga :