Macam Hak Asasi Manusia

Macam Hak Asasi Manusia Dan Penjabarannya

Macam Hak Asasi Manusia

Peringatan Hari Hak Asasi Manusia

Dalam rangka menyambut peringatan Hari Hak Asasi Manusia (HAM) yang jatuh setiap tanggal 10 Desember, sekiranya perlu diketahui beberapa pembagian serta macam-macam Hak Asasi Manusia. Hak Asasi Manusia umumnya dipahami sebagai hal yang mutlak sebagai hak-hak dasar “yang seseorang secara inheren berhak karena dia adalah manusia”, dan yang “melekat pada semua manusia” terlepas dari bangsa, lokasi, bahasa, agama, asal-usul etnis atau status lainnya. Hak asasi manusia dapat berlaku secara universal.

Para ahli atau pakar diantaranya

Beberapa para ahli atau pakar diantaranya yakni John Locke, Aristoteles, Montesquleu, J.J. Rousseau, dan Brierly pernah menyampaikan terkait macam-macam hak asasi manusia seperti Hak Asasi Pribadi yaitu hak yang meliputi kebebasan menyatakan pendapat, kebebasan memeluk agama, kebebasan bergerak, kebebasan dalam untuk aktif setiap organisasi atau perkumpulan dan sebagainya. Selanjutnya Hak Asasi Ekonomi yakni Hak untuk memiliki, membeli dan menjual, serta memanfaatkan sesuatu.

Hak Asasi Politik

Kemudian Hak Asasi Politik yang merupakan hak ikut serta dalam pemerintahan, hak pilih maksudnya hak untuk dipilih, contohnya : mencalonkan sebagai Bupati, dan memilih dalam suatu pemilu contohnya memilih Bupati atau Presiden), hak untuk mendirikan parpol, dan sebagainya.

Hak Asasi Hukum

Selain ketiga Hak Asasi di atas terdapat juga Hak Asasi Hukum yang merupakan hak untuk mendapatkan perlakukan yang sama dalam hukum dan pemerintahan, Hak Asasi Sosial dan Budaya yaitu hak yang menyangkut dalam masyarakat yakni untuk memilih pendidikan, hak untuk mengembangkan kebudayaan dan sebagainya serta Hak Asasi Peradilan yang merupakan hak untuk mendapatkan perlakuan tata cara peradilan dan perlindungan (procedural rights), misalnya peraturan dalam hal penahanan, penangkapan dan penggeledahan.

 

Sumber : https://ngelag.com/