Table of Contents

PASAR MONOPOLI

PASAR MONOPOLI

   Pasar Monopoli  adalah suatu keadaan dimana didalam pasar hanya ada satu penjual sehingga tidak ada pihak lain yang menyainginya. Dimana tidak ada unsur persaingan dari perusahaan yang  lain.karena seandainya pun ada hanya ada satu penjual dipasar,sehingga tidak ada persaingan langsung dari perusahaan lain,kemungkinan masih ada perusahaan yang tidak langsung  misalnya dari produk atau barang-barangdari perusahaan lain yang biasa sebagai subtitusi (meski subtitusi tidak sempurna) untuk barang-barang yang dihasilkan perusahaan monopoli.

      Secara umum pasar monopoli menyandang predikat jelek karena dikonotasikan dengan perolehan keuntungan yang melebihi normal dan supply komoditas yang lebih sedikit bagi masyarakat,meskipun dalam prakteknya tidak selalu demikian. Sebagai contoh beberapa perusahaan di Indonesia dijalankan secara monopoli dengan alasan untuk melindungi kepentingan rakyat banyak seperti halnya pertamina dan Pam.

       Pasar monopoli adalah suatu bentuk interaksi antara permintaan dan penawaran dimana hanya ada satu penjual /produsen yang berhadapan dengan banyak pembeli atau konsumen. Di dalam ilmu ekonomi dikatakan ada monopoli jika seluruh hasil industry diproduksi dan dijual oleh satu perusahaan yang disebut monopoli atau pasar monopoli.

      Didalam kehidupan sehari-hari sering kita temui bentuk pasar monopoli yaitu situasi pasar dimana hanya ada satu penjual produk,dan produk tersebut tidak ada penggantinya (no substitutes).oleh karena itu perilaku dalam pengambilan keputusan di pasar agak berbeda dengan pasar  persaingan sempurna.

     Yang berbeda antara perusahaan monopoli dan perusahaan dalam struktur pasar lain adalah kurva permintaan yang dihadapi perusahaan. Karena perusahaan monopoli adalah satu-satunya produsen bagi suatu produk tertentu,maka kurva permintaannya adalah sama dengan kurva permintaan pasar bagi produknya.

Sumber : https://solidaritymagazine.org/