Pengembangan Awal Android Q, Fokus dengan UI dan Keamanan

Pengembangan Awal Android Q, Fokus dengan UI dan Keamanan

Tahun 2019 baru saja dimulai dan sebagian besar smartphone yang memenuhi syarat belum juga menerima pembaruan untuk Android Pie. Tetapi, orang-orang di XDA Developers sudah lebih dulu “menawarkan gosip” dari versi utama sistem operasi mobile berikutnya, Android Q.

Ya! Berkat screenshot dan video hands-on dari build awal yang bocor kita dapat melihat beberapa perbaikan yang akan dimasukkan ke dalam versi ini. Disebut-sebut, Android Q akan memiliki Dark Mode. Tentu saja, itu berguna bagi smartphone layar OLED dan bisa menghemat pemakaian daya.

Tak hanya itu, mode gelap ini juga bermanfaat bagi pengguna agar mata yang terus-terusan melihat layar smartphone tidak cepat lelah di malam hari. Meski begitu, Dark Mode ini dikatakan harus diaktifkan secara manual melalui menu Display Setting.

Setelah diaktifkan, Dark Mode pada Android Q

akan mengubah antarmuka pengguna menjadi gelap. Elemen putih akan menjadi abu-abu gelap dan bahkan akan ada elemen, seperti notifikasi dan beberapa panel lainnya yang akan menjadi hitam.

Disebut-sebut, aplikasi yang tidak mendukung Dark Mode tetap akan kompatibel dengan fitur baru ini. Selain itu, di dalam Android Q juga akan ada peningkatan privasi dan keamanan dengan menu Permissions yang telah diubah.

Ya! Terkait dengan hal itu, sistem memungkinkan memeriksa izin aplikasi secara individual langsung dari pengaturan dan membatasi izin ketika aplikasi terbuka. Informasi tentang izin aplikasi juga ditampilkan di tab notifikasi jika diperlukan.

Dua opsi keamanan penting lainnya juga telah ditambahkan, yakni

“Time to take action” dan “Time to read”. Ini memungkinkan pengaturan berapa lama untuk menampilkan pesan yang meminta pengguna untuk mengambil tindakan dan pemberitahuan yang tidak memerlukan tindakan.

Lebih jauh lagi, akan ada Mode Desktop. Mode ini memungkinkan

untuk meluncurkan beberapa jendela aplikasi dengan mengetuknya. Ada juga Game Update Package Preferences yang memungkinkan pengguna untuk memilih driver grafis sendiri.

 

sumber :

https://solidaritymagazine.org/dash-quest-heroes-apk/