Pengertian Laptop Menurut Para Ahli

Pengertian Laptop Menurut Para Ahli

Pengertian Laptop Menurut Para Ahli

Laptop adalah sebuah komputer bergerak yang relatif kecil dan ringan, beratnya di kisaran 1-6 kg, tergantung ukuran, bahan, dan spesifikasi laptop tersebut. Sumber daya laptop berasal dari baterai atau A adaptor / C yang dapat digunakan untuk mengisi ulang baterai dan menyalakan laptop itu sendiri. Baterai laptop biasanya berlangsung sekitar 1-6 jam sebelum dibuang, tergantung pada penggunaan, spesifikasi, dan ukuran baterai. Laptop kadang-kadang juga disebut komputer notebook atau notebook saja.

Sebagai komputer pribadi, laptop memiliki fungsi yang sama dengan komputer desktop (komputer desktop) pada umumnya. Komponen yang terkandung di dalamnya sama persis dengan komponen pada desktop, hanya lebih kecil dan lebih banyak, membuat lebih ringan, lebih sedikit panas dan lebih hemat daya.

Sebagian besar komputer portabel menggunakan LCD (Liquid Crystal Display) berukuran 10 inci hingga 17 inci tergantung dari ukuran laptop itu sendiri. Selain itu, keyboard ditemukan di laptop juga kadang-kadang dilengkapi dengan touch pad yang berfungsi sebagai “pengganti” Mouse. Keyboard dan mouse tambahan dapat diinstal melalui konektor Bus Serial Universal dan PS / 2 jika tersedia.

Berbeda dengan komputer desktop, laptop memiliki komponen pendukung yang didesain secara khusus untuk mengakomodasi sifat portabel dari laptop. Sifat yang dimiliki oleh komponen utama dari sebuah laptop adalah ukuran yang kecil, hemat konsumsi energi, dan efisien. Komputer portabel biasanya lebih mahal, tergantung pada merek dan spesifikasi komponen penyusunnya, namun, harga komputer portabel lebih dekat ke desktop bersama dengan tingginya tingkat permintaan konsumen.

 

Pengertian Laptop Menurut Para Ahli Internasional

  • Wimatra, dkk (2008)

Membuat kesimpulan tentang pentingnya komputer. WImatra, et al (2008) mengatakan bahwa definisi komputer adalah sistem elektronik yang memiliki tujuan pengolahan data, yang kemudian dapat menghasilkan informasi yang berguna.

Dia menambahkan bahwa komputer harus memiliki beberapa elemen untuk bekerja dengan baik dan juga menguntungkan, yaitu brainwae elemen (user), perangkat keras (hardware komputer) dan perangkat lunak (software komputer).

  • C. Hamacher, Z.G. Vranesic, dan Z.G. Zaky

Hamacher, Vranesic, & Zaky (dalam Wimatra dkk, 2008), mengatakan bahwa komputer didefinisikan sebagai mesin penghitung elektronik yang cepat dapat menerima informasi input digital, memprosesnya sesuai dengan program yang tersimpan di memori (stored program) dan menghasilkan  output informasi .

  • Arif Susanto (2009)

Mengatakan bahwa yang disebut komputer elektronik adalah alat yang terdiri dari masukan perintah, alat yang memproses input dan output perangkat yang menyediakan informasi dan bekerja secara otomatis.

Dia menambahkan bahwa komputer berasal dari bahasa Latin, yang Computare. Computare sendiri memiliki makna untuk menghitung. Pada awalnya, kata ini ditujukan bagi mereka yang memiliki pekerjaan untuk melakukan perhitungan aritmatika, baik secara manual atau menggunakan alat aritmatika.

  • Robert H. Blissmer (dalam Susanto, 2009)

Mengatakan bahwa komputer adalah perangkat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas seperti menerima input, proses input sesuai dengan program, penyimpanan dan pengolahan perintah, dan menyediakan output dalam bentuk informasi.

  • American Standard Institute

Masih di dalam buku yang disusun oleh Wimatra, dkk (2008),(2008), disebutkan oleh Standar American Institute bahwa komputer pada dasarnya adalah pengolahan data (data processor) yang dapat melakukan perhitungan yag besar dan cepat, termasuk aritmatika operasi besar atau logika, tanpa manusia intervensi untuk mengoperasikan selama pemrosesan.

  • Donald H. Sanders

Saran lain yang terkandung dalam makalah milik Susanto (2009) mengenai definisi dan pemahaman tentang komputer berasal dari pendapat diungkapkan oleh Sanders. Sanders (dalam Susanto, 2009) mengatakan bahwa komputer adalah sistem elektronik untuk memanipulasi data dengan cepat dan akurat, dan dirancang dan diselenggarakan dalam rangka untuk secara otomatis menerima dan menyimpan data masukan, proses dan menghasilkan output di bawah kendali langkah -by-langkah, instruksi2 program yang disimpan dalam memori (Program disimpan).

  • Jhon J. Longkutoy

Menemukan komputer adalah alat atau mesin atau pemecah masalah dan pengolahan data peralatan dan mesin yang dapat memberikan informasi yang diperlukan dan bermanfaat bagi usernya.

  • William M. Fouri

Dalam bukunya The Bisnis alat ini, Fouri menyebutkan bahwa komputer adalah suatu pemroses data (data processor) yang dapat melakukan perhitungan yang besar dan cepat, termasuk aritmatika atau logika yang operasi besar, tanpa campur tangan manusia yang beroperasi selama pemrosesan.

  • Elias M.Awad

Awad mengatakan bahwa yang dimaksud oleh komputer adalah alat yang memiliki sejumlah kegunaan dan fungsi dan proses data yang kemudian dapat disajikan dalam bentuk data, baik digital dan analog.

  • Gordon B. Davis

Dalam buku yang berjudul Pengantar Komputer menyebutkan bahwa komputer adalah tipe khusus dari uang mesin menghitung memiliki karakteristik yang pasti tertentu.

  • Larry Long dan Nancy Long

Mengatakan bahwa definisi komputer adalah kalkulator elektronik menginterpresentasikan mampu dan juga menjalankan program untuk input perintah operasi, output, perhitungan, dan logika.

  • Williams Sawyer

Mengatakan ide-ide lain tentang arti dari sebuah komputer. Menurut Sawyer, komputer adalah multguna mesin untuk melakukan pemrograman dan dapat diprogram, di mana mesin – mesin dapat meerima data berupa fakta dan menggambar kasar, dan kemudian proses atau memanipulasi data menjadi informasi sebuh yang dapat digunakan oleh pengguna.

Jenis-jenis laptop

  • Netbook

Laptop netbook mengacu pada spesies yang memiliki spesifikasi tertentu. Sebuah netbook biasanya menggunakan prosesor Intel Atom. Jenis komputer portabel berukuran kecil, biasanya dengan layar di bawah 12 inci dan berat sekitar 1 kg.

Netbook menjadi populer ketika produk yang disebut Asus Eee PC. [Rujukan?] Ketika komputer dengan harga murah menggunakan perangkat penyimpanan hard disk seperti USB Flash Drive portabel (UFD), dengan kapasitas rendah 4GB.

  • Mainstream

Laptop ini memiliki karakteristik bahwa prosesor yang digunakan, misalnya, Intel Core i5, i3 dan Core 2 Duo, 2GB memori setidaknya, memiliki dorongan untuk membaca dan menulis DVD, keyboard ukuran penuh atau setidaknya 80% dari lebar sendiri.

  • Tablet PC

Perangkat ini memiliki layar sentuh yang mudah untuk bermain, dan mudah dibawa kemana-mana.

Mulai tahun 2010, perangkat ini menjadi tren baru. Tren ini dipimpin oleh Apple Inc yang membawa iPad ke pasar. Namun, ada perbedaan antara Tablet PC dan iPad, yaitu:

  1. Tablet PC menggunakan stylus yang digunakan. IPad saat menggunakan jari.
  2. Tablet PC dimaksudkan sebagai laptop yang berbeda. Sedangkan iPad dimaksudkan sebagai gadget.

Sumber : https://downloadapk.co.id/