Pengertian Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

Pengertian Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

Pengertian Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

Pengertian Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Menurut Para Ahli- Rencana pelajaran, atau disingkat RPP, adalah dalam rancangan guru mengajar di kelas. RPP yang dibuat oleh guru untuk membantu dalam mengajar agar sesuai dengan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar pada hari itu.

Pengertian rencana pelaksanaan pembelajaran menurut para ahli

Menurut Permendikbud Nomor 81 A Tahun 2013 Lampiran IV

Pedoman Pelaksanaan Kurikulum Belajar, RPP sedikit memuat: Belajar belajar Tujuan Penguasaan, metode pengajaran, sumber belajar, penilaian.

Menurut E.Mulyasa

RPP adalah perencanaan jangka pendek untuk memperkirakan atau memproyeksikan apa yang akan dilakukan dalam pembelajaran.

Menurut Wikipedia

Rencana pelaksanaan pembelajaran adalah dalam rancangan guru mengajar di kelas. RPP yang dibuat oleh guru untuk membantu dalam mengajar agar sesuai dengan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar pada hari itu.

Prinsip-Pirinsip Pengembangan RPP

Pengembangan RPP mengikuti prinsip-prinsip berikut:

Pengertian Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Menurut Para Ahli

RPP merupakan terjemahan dari ide kurikulum berdasarkan silabus yang telah dikembangkan di betuk tingkat nasional ke dalam desain dari proses pembelajaran untuk diwujudkan dalam penelitian ini.
RPP dikembangkan sesuai dengan kondisi yang dinyatakan dalam silabus dalam pengetahuan satuan pendidikan yang baik dari peserta didik, minat, motivasi, bakat, potensi, kemampuan untuk belajar emosional, atau gaya belajar.
RPP mendorong partisipasi aktif dari peserta didik.
RPP sesuai dengan tujuan kurikulum pada tahun 2013 untuk memproduksi peserta didik yang mandiri dan tidak pernah berhenti belajar.
RPP mengembangkan budaya membaca dan menulis.
Proses pembelajaran dalam rencana pelajaran ini dirancang untuk mengembangkan kegemaran membaca, pemahaman bacaan yang beragam, dan ekspresi tertulis.
RPP meliputi program yang diusulkan memberikan umpan balik positif, penguatan, pengayaan, perbaikan, dan umpan balik.
RPP disusun dengan memperhatikan keterkaitan dan koherensi antara KI dan KD, materi, kegiatan, penilaian, dan sumber belajar belajar di integritas pengalaman belajar belajar.
RPP disusun dengan mempertimbangkan penerapan teknologi informasi dan komunikasi secara terpadu, sistematis, dan efektif sesuai dengan situasi.

Langkah-langkah mengembangkan RPP

Menurut Panduan pedoman teknis dalam RPP SD, RPP siap untuk mengakomodasi pengembangan pembelajaran tematik atau disebut Tematik RPP. RPP tematik terintegrasi RPP tematik dikembangkan secara detail dari tema. Langkah RPP pengembangan tematik adalah:

Menilai silabus tematik
Mengidentifikasi materi pembelajaran
menetapkan tujuan
Mengembangkan kegiatan belajar
penilaian elaborasi
Menentukan alokasi waktu
Menentukan sumber belajar.

 

Baca Juga :