Teknologi Nirkabel 5G Akan Mengubah Pola Hidup Manusia

Teknologi Nirkabel 5G Akan Mengubah Pola Hidup Manusia

JAKARTA – Perkembangan teknologi informasi begitu dahsyat. Belum tuntas masyarakat dunia menikmati teknologi jaringan generasi keempat (4G), kini sejumlah negara sudah menapak memasuki era 5G. Inovasi yang ditawarkan teknologi nirkabel 5G itu bukan sebatas mengubah layanan berkomunikasi menjadi jauh lebih cepat, tapi juga mengubah pola hidup manusia.

Sebab kehadiran 5G akan mengubah segalanya, mulai dari mesin pemanggang

roti hingga smartphone, dari mobil listrik hingga jaringan listrik, dari aplikasi game hingga berbagai layanan publik pemerintah. Sejauh ini Korea Selatan (Korsel) menjadi negara pertama di dunia yang kali pertama meluncurkan jaringan 5G pada Jumat (5/4). Amerika Serikat (AS) sudah menguji coba 5G untuk layanan hotspot di sejumlah kota.

Jepang juga mengembangkan 5G secara terbatas pada 2019 sebelum memulai layanan penuh saat Olimpiade Tokyo tahun depan. Indonesia sudah memasukkannya dalam rencana strategis dan akan diputuskan pada 2019 ini. Untuk diketahui, sistem 5G membuat smartphone memiliki konektivitas yang 20 kali lebih cepat bila dibandingkan dengan 4G sehingga para pengguna dapat mengunduh seluruh file film hanya dalam waktu kurang dari satu detik.

Baca Juga:

Mundur dari Dewan Direksi Microsoft, Ini Profil Bill Gates
Fokus Badan Amal, Bill Gates Mundur Total dari Microsoft

Teknologi 5G akan membawa level baru konektivitas yang ditenagai kecepatan yang belum pernah ada sebelumnya. Teknologi 5G ini juga sangat penting bagi masa depan perkembangan berbagai perangkat mulai dari kendaraan self-driving hingga lalu lintas pengiriman data kepada pihak lain secara realtime, industri robot, drone, smart city, dan elemen lain dari berbagai hal terkait internet.

“Itu menjadikan 5G bagian penting infrastruktur masa depan dan standar 5G

diperkirakan membawa keuntungan ekonomiglobal sekitar USD565 miliar pada 2034,” ungkap pernyataan aliansi industri Global System for Mobile Communications yang berbasis di London. Salah satu dampak yang akan dirasakan dengan kehadiran sistem 5G adalah semakin meningkatnya kualitas smart city. Pasalnya internet yang cepat menjadi salah satu komponen utama dalam mewujudkan kota cerdas.

Dengan jaringan 5G yang lebih cepat, kenyamanan warga di smart city

pun semakin meningkat. Direktur Eksekutif Smart Cities Council Adam Beck menjelaskan, smart city merupakan perbaikan tentang bagaimana masyarakat saling berkomunikasi, cara menerapkan kepemimpinan kolaboratif, cara bekerja lintas bidang dan sistem kota, serta bagaimana menggunakan data dan mengintegrasikan berbagai teknologi.

 

sumber :

https://solidaritymagazine.org/happy-pet-story-apk/